Sepatu atau Sandal Gunung, Mana yang Baik Dipakai saat Hiking?

Sepatu atau Sandal Gunung, Mana yang Baik Dipakai saat Hiking?
Sepatu atau Sandal Gunung, Mana yang Baik Dipakai saat Hiking?

Sepatu ataupun sandal gunung adalah salah satu hal yang wajib digunakan saat melakukan pendakian. Gunanya tentu saja sebagai pelindung kaki Anda selama perjalanan. Selain itu, dengan alas kaki yang bagus, pendakian juga bisa berhasil dengan baik. Jadi, sebaiknya pilihlah alas kaki yang tepat yang bisa membuat pendakian Anda berjalan mulus.

Lalu, timbul pertanyaan. Sebenarnya, lebih baik mana, menggunakan sepatu atau sandal saat mendaki? Bukankah ada pendaki yang nyaman menggunakan sandal saat mendaki, tapi ada juga yang lebih senang menggunakan sepatu. Bila Anda bingung menentukan mana yang lebih baik, Anda bisa melihat perbandingannya di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Sepatu untuk Mendaki

Sepatu adalah salah satu hal yang paling banyak digunakan pendaki dalam mendaki gunung. Alasannya, sepatu untuk mendaki ini bisa melindungi mereka lebih baik dibandingkan sandal. Sebab, ada banyak medan yang sering mereka lewati seperti hutan berduri, bebatuan yang lancip, pasir yang licin maupun medan berlumpur.

Menggunakan sepatu dianggap lebih bisa melindungi dari hal-hal seperti ini dibandingkan sandal. Memang, sepatu memiliki keunggulan tersebut. Bisa melindungi Anda lebih maksimal dalam menghadapi medan yang berat Selain itu, sepatu ini juga dianggap bisa melindungi pendaki dari hawa dingin di pegunungan.

Hawa dingin di pegunungan ini cukup berbahaya bagi kaki para pendaki. Hawa seperti ini bisa menyebabkan kaki pendaki kram dan tak bisa melanjutkan perjalanan. Namun, sepatu gunung juga memiliki kekurangan yang perlu Anda ketahui. Letak kekurangan dari sepatu ini adalah ada pada bobotnya yang berat.

Selain bobot sepatu yang berat, ternyata harganya juga lumayan berat di kantong. Lagipula, dengan menggunakan sepatu saat mendaki,  Anda akan mengalami kesulitan saat bertemu dengan medan medan basah. Jika sepatu tersebut melewati medan basah seperti sungai dan lumpur maka beratnya akan bertambah beberapa kali lipat.

Kekurangan lainnya adalah sepatu ini tidak praktis. Bila Anda sering keluar masuk tenda, akan sulit bagi Anda bila harus lepas pasang sepatu tersebut, kan? Jelas ini akan sangat menyusahkan Anda.

Kelebihan dan Kekurangan Sandal untuk Mendaki

Setelah me-review sepatu untuk mendaki, sekarang giliran sandalnya. Sandal pendakian memiliki kelebihan berupa bobotnya yang ringan. Walaupun terkena hujan, medan basah, lumpur maupun sungai, sandal tersebut akan tetap ringan. Selain itu, biasanya harga sandal juga jauh lebih murah ketimbang sepatu untuk mendaki.

Kelebihan lain dari sandal ini adalah kepraktisannya. Sandal ini mudah dilepas pasang saat Anda masuk ke tenda. Dengan begitu, Anda tak perlu ribet untuk memasang tali-talinya. Namun sandal untuk mendaki ini punya lebih banyak kekurangan dibanding sepatu gunung. Pertama adalah tak bisa melindungi seluruh bagian kaki.

Adakalanya pendaki bisa terkena duri tajam atau kerikil yang membuat luka kaki. Selain itu, bila kuku Anda panjang, Anda juga bisa kehilangannya bilamana Anda tersandung sesuatu saat mendaki. Jadi, sebelum Anda mendaki, sebaiknya potong dulu kuku untuk menghindari hal ini.

Kekurangan lainnya, sandal gunung tak bisa melindungi kaki Anda dari hawa dingin pegunungan. Bagi yang tak terbiasa, kaki Anda akan lebih mudah kram. Selain itu, sandal ini juga lebih mudah putus dibandingkan sepatu. Jadi, saat mendaki sebaiknya Anda menyiapkan sandal cadangan.

Nah, sekarang, menurut Anda lebih bagus mana? Menggunakan sepatu gunung atau sandal saat mendaki? Sebenarnya kedua-duanya sah-sah saja. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Bingung cari sandal atau sepatu untuk mendaki yang pas? Pilih saja merek Eiger. Sepatu dan sandal untuk mendaki di sini dijamin yang terbaik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sepatu atau Sandal Gunung, Mana yang Baik Dipakai saat Hiking?"

Posting Komentar