Realisasikan GNNT dengan E-Toll, 5 Pilihan Kartu Ini Bisa Digunakan

Realisasikan GNNT dengan E-Toll, 5 Pilihan Kartu Ini Bisa Digunakan

GNNT (Gerakan Nasional Non Tunai) merupakan metode pembayaran praktis bagi masyarakat yang dicanangkan Bank Indonesia. Salah satu bentuknya adalah e-Toll, yang dimulai pada 31 Oktober 2017 berdasarkan ketentuan BI, bukan dari Jasa Marga. Pihak Jasa Marga merupakan salah satu dari 22 operator BUJT sebagai pelaksana sistem.

Dalam realitanya, Jasa Marga menjadi Top of Mind masyarakat sebagai operator tol di Indonesia dan mereka mengira bahwa semua jalan tol adalah milik Jasa Marga. Persepsi masyarakat itu salah, karena Jasa Marga hanya salah satunya. Mengenai penggunaan kartu e-Toll, terdapat kemudahan bagi Anda yang dapat memilih dari 5 kartu ini.

1. E-Toll Card
Kartu e-toll ini adalah kartu untuk pembayaran dengan sistem e-money dan merupakan hasil kerja sama antara Bank Mandiri dengan pihak pengelola jalan tol. Di antara beberapa pengelola tersebut, Jasa Marga adalah salah satunya. Kartu ini dapat dibeli di Bank Mandiri ataupun oulet Indomart yang ada di wilayah Jabodetabek.

Sejak pemberlakuan resminya pada 31 Oktober 2017, kartu ini mulai dijual di gerbang tol. Saldo minimal di dalam kartu adalah Rp 10 ribu dan maksimalnya adalah Rp 1 juta. Selain menerbitkan e-Toll Card, Bank Mandiri juga menerbitkan Indomart Card dan Gaz Card. Semuanya bisa digunakan membayar penggunaan jalan tol.

2. Brizzi BRI
Seperti halnya Bank Mandiri, BRI juga mendukung adanya sistem pembayaran non tunai dalam penggunaan jalan tol. BRI menerbitkan kartu yang bisa digunakan untuk e-Toll, yaitu Brizzi. Meskipun masih pemain baru dalam sektor pembayaran non tunai, Brizzi sangat bermanfaat sebagai sarana pembayaran non tunai.

3. BNI Tap Cash
 BNI Tap Cash

BNI Tap Cash merupakan salah satu kartu untuk pembayaran atas penggunaan jalan tol secara non tunai. Kartu ini bisa digunakan untuk pembayaran di GTO (Gerbang Tol Otomatis) di Jabodetabek. Untuk luar Jabodetabek, bisa digunakan di tol Cipali dan Semarang. Kartu ini dapat diperoleh dari kantor cabang BNI atau outlet tertentu.

4. Flazz BCA
Kartu Flazz BCA juga ikut andil dalam sistem pembayaran non tunai. BCA sudah melakukan kerja sama dengan operator jalan tol, sehingga Anda bisa menikmati layanan pembayaran praktis dari Flazz BCA. Kartu Flazz bisa diperoleh di BCA dan Alfamart. Saldo maksimal kartu ini adalah Rp 1 juta dan top up minimal Rp 20 ribu.

5. Blink BTN
BTN juga tak ingin ketinggalan dalam menerbitkan kartu pendukung sistem pembayaran non tunai. Dengan kartu Blink BTN, Anda bisa membayar penggunaan jalan tol secara non tunai. Kartu Blink ini dapat digunakan di mesin EDC yang dimiliki bank pemerintah, termasuk Bank Mandiri, BNI, dan BRI.

Itulah 5 pilihan kartu yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran dengan sistem e-money. Anda dapat memilih kartu yang paling sesuai. Mengenai komisi, pihak operator Jasa Marga sebatas tim pelaksana dan tidak memperoleh keuntungan dengan diberlakukannya GTO. Sebagai pelaksana, pihak Jasa Marga merupakan bagian dari milestone GNNT dari BI.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Realisasikan GNNT dengan E-Toll, 5 Pilihan Kartu Ini Bisa Digunakan"

Posting Komentar