Beberapa Hal Penyebab Gagalnya Interview Kerja

Beberapa Hal Penyebab Gagalnya Interview Kerja
Beberapa Hal Penyebab Gagalnya Interview Kerja

Anda sering lolos seleksi berkas namun gagal saat interview? Bila anda sering gagal mendapatkan pekerjaan setelah tahap interview, berarti mungkin ada beberapa hal yang anda lewatkan. Saat melakukan interview kerja ada berbagai aspek yang dinilai oleh pihak perusahaan, terkadang bagi yang sudah sering melamar kerjaan menyepelekannya sehingga interview nya gagal. Berikut ada beberapa hal yang biasanya tanpa kita sadari adalah penyebab gagalnya interview. Yang pertama ini biasanya sering dilakukan oleh para pencari kerja yang sudah memiliki berbagai pengalaman kerja, yaitu datang terlambat saat interview.

Karena waktu kedatangan kita saat interview akan dinilai oleh perusahaan. Jika kita datang terlambat maka kita akan dianggap tidak disiplin, walaupun kita mungkin sudah berusaha datang lebih awal namun terjebak macet. Namun hal seperti itu tidak bisa dijadikan alasan karena kita harusnya bisa lebih mengatur waktu agar tidak terlambat. Kesalahan kedua yang biasanya dialkukan oleh pencari kerja adalah tidak membawa CV. Setiap lowongan pekerjaan biasanya selalu mencantumkan CV atau Curriculum Vitae sebagai salah satu dokumen persyaratannya. Sikap mengabaikan ini bisa saja dianggap sebagai sikap yang tidak patuh pada aturan dan akibatnya saat interview anda gagal
.
Kesalahan yang ketiga adalah terlalu percaya diri, walaupun memiliki kepercayaan diri sangatlah baik untuk siapa saja, namun saat interview ada baiknya anda percaya diri namun jangan berlebihan. Hal ini juga berlaku bagi para pencari kerja yang sudah berpengalaman sekalipun. sikap terlalu percaya diri ini malah terkadang akan menimbulkan kesan sok tahu dan sombong. Dalam menjawab pertanyaan pun pastikan jawabannya jangan terlalu berlebihan.

Kesalahan selanjutnya adalah salah kostum atau memakai  pakaian yang tidak sesuai. Pakaian seorang pencari kerja seharusnya adalah yang rapi dan formal. Tidak terlalu santai dan tidak terlalu berlebihan, karena setiap orang pasti menilai orang dari penampilan dulu. Walaupun nantinya bukan gaya berpakaian yang menentukan kita diterima atau tidak saat interview kerja. Namun setidaknya pakaian yang kita kenakan akan menggambarkan bagaimana sifat kita.

Kesalahan kelima yaitu mengaktifkan nada dering hp anda, tidak masalah hp tidak di silent pada saat interview, namun akan menjadi masalah bila tiba-tiba ada yang menelpon bukan. Karena bunyi nada dering telepon bisa saja menggangu interview yang anda lakukan. Fokus anda jadi terganggu walaupun hanya sebentar, dan pastinya akan menimbulkan kesan yang kurang baik di hadapan HRD.

Hal terakhir yang biasanya menyebabkan interview kerja gagal adalah tidak tahuu sedikitpun info tentang perusahaan. Saat anda melamar di sebuah perusahaan paling tidak anda harus mencari tahu hal-hal tentang perusahaan. Jadi saat interview anda sudah ada bayangan bila ditanyai seputar perusahaan oleh HRD. Pihak perusahaan juga akan mendapat kesan bahwa kita benar-benar tertarik dan serius ingin bekerja di perusahaan tersebut.

Sikap dan ucapan anda saat interview akan diperhatikan untuk melihat bagaimana karakter anda. Apakah cocok atau tidak untuk bekerja di perusahaan tersebut, jadi anda harus berhati-hati dalam bersikap dan menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh HRD. Jangan lupa untuk membawa semua dokumen persyaratan yang diminta oleh pihak persyaratan, bila ada berkas yang belum lengkap dan HRD menuruh anda melengkapinya, maka sebaiknya segera anda lakukan. karena bisa jadi itu merupakan tes yang diberikan untuk menguji sikap patuh anda terhadap pihak perusahaan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beberapa Hal Penyebab Gagalnya Interview Kerja"

Posting Komentar