Hati-hati! Ini 4 Efek Negatif Cutton Bud untuk Telinga



Membersihkan telinga yang terasa gatal karena kotoran yang menumpuk dengan cutton bud memang sebuah ritual yang menyenangkan bagi sebagian orang. Padahal fakta ilmiah dari hasil penelitian di bidang kesehatan membuktikan bahwa telinga memiliki kemampuan untuk membersihkan diri dari kotoran dan kontaminasi. Jadi Anda harus berhati-hati, jangan sampai efek negatif cutton bud yang didapat saat Anda membersihkan telinga.
Jika banyak efek negatifnya, kenapa cutton bud masih diproduksi dan dijumpai di pasaran? Cutton bud memang berguna di bidang kosmetik dan kecantikan, seperti pengganti lip brush atau eyeshadow brush, membuat nail, menempelkan lem bulu mata palsu, mengoleskan eye cream, touch up concealer, hingga membuat alis senantiasa on fleek. Lalu apa saja efek negatifnya bagi kesehatan? Berikut ini 4 contoh yang perlu Anda ketahui.

1. Sensasi Benda Asing

Cutton bud yang tertinggal di dalam telinga menyebabkan Anda merasakan sesuatu yang mengganjal di telinga. Sensasi ini tentu membuat Anda tidak nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

2. Cedera Jaringan Telinga

Cedera pada jaringan telinga yang disebabkan cutton bud memungkinkan untuk menjadi penyebab hilangnya pendengaran atau merusak tulang kecil di dalam telinga keseimbangan dan koordinasi tubuh pun terganggu.

3. Iritasi Gendang Telinga

Terlalu sering dan dalam saat mendorong cutton bud ke dalam telinga maka akan merobek gendang telinga yang sangat tipis, penyumbatan dan gangguan pendengaran. Jika produksi earwax (kotoran telinga) Anda berlebih, maka perlu perawatan medis.

4. Meningkatkan Risiko Infeksi

Kotoran yang jarang dibersihkan dapat menurunkan risiko infeksi. Sepuluh peptida antimikroba yang terkandung dalam kotoran telinga dapat mencegah bakteri dan jamur berkembang biak.
Empat efek negatif cutton bud tersebut dapat diminimalisisr jika Anda mengetahui dengan baik cara penggunaannya. Idealnya, kotoran telinga cukup dibersihkan satu kali saja dalam sebulan. Hal ini dapat mencegah tersapunya antimikroba alami yang berperan dalam menjaga bagian dalam telinga dari jamur dan bakteri saat pembersihan dilakukan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hati-hati! Ini 4 Efek Negatif Cutton Bud untuk Telinga"

Posting Komentar