Hari Kiamat atau Hari akhir dunia

hari akhir dunia
Sumber IG @riski_agustina10
Benarkah hari kiamat sudah dekat, taukah anda bahwa kalender Islam dikatan tidak sampai 1500H, sedangkan sekarang sudah memasuki kalender Islam yang ke 1438H. Hari akhir hanyalah Allah SWT. yang tau karena itu rahasia-Nya. Mari kita mengkaji bersama-sama tentang hari akhir.
Iman yang ke-5 adalah " Beriman kepada hari akhir" artinya seorang muslim wajib mengimani atau mempercayai akan datang nya hari akhir. Apabila tidak mempercayai maka  ia bukan termasuk orang mukmin. Untuk mempercayai datang nya hari kiamat kita harus banyak belajar atau mengaji dan memperdalam ilmu agama. Karena tentang adanya hari kiamat itu dijelaskan di dalam Al- Qur'an, namun kapan datang nya hari kiamat itu merupakan rahasia Allah SWT.

Pengertian Hari Kiamat

Hari kiamat adalah hari berakhirnya kehidupan di alam dunia, ketika malaikat Israfil dengan izin Allah SWT. meniup sangkakala yang pertama kali nya sebagai bukti datang nya hari kiamat,  maka seluruh umat alam semesta dan seisinya musnah dan binasa,  tanpa pengecualian.  Ketika itu bumi mengalami goncangan dahsyat yang mengakibatkan runtuh nya beban dan seluruh isi perut bumi. Ketika itu manusia seperti anai-anai yang berterbangan dan gunung-gunung berhamburan.  Pada saat itu sungguh mengerikan dan menakutkan. Semua manusia kebingungan dan menyelamatkan dirinya sendiri namun pada saat itu semua nya mati kecuali Allah SWT.
Allah SWT berfirman dalam QS Al- Qoriah ayat 1-11 :

الْقَارِعَةُ (1) مَا الْقَارِعَةُ (2) وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْقَارِعَةُ (3) يَوْمَ يَكُونُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوثِ (4) وَتَكُونُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوشِ (5) فَأَمَّا مَنْ ثَقُلَتْ مَوَازِينُهُ (6) فَهُوَ فِي عِيشَةٍ رَاضِيَةٍ (7) وَأَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِينُهُ (8) فَأُمُّهُ هَاوِيَةٌ (9) وَمَا أَدْرَاكَ مَا هِيَهْ (10) نَارٌ حَامِيَةٌ (11)

"Hari kiamat, apakah hari kiamat itu? Tahukah kamu apakah hari kiamat itu? Pada hari itu manusia seperti anai-anai yang bertebaran, dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan. Dan adapun orang-orang yang berat timbangan (kebaikan)nya, maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan. Dan adapun orang-orang yang timbangan (kebaikan)nya ringan, maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? (yaitu) api yang sangat panas".

Setelah alam semesta musnah dan makhluk hidup mati semua tiupan sangkakala yang kedua dibunyikan. Semua makhluk hidup bangkit kembali dengan diteteskan nya setetes air mani dan umat manusia sudah berada di alam akhirat. Semua manusia sejak zaman Nabi Adam as sampai Nabi Muhammad saw berkumpul disuatu tempat yang sangat luas bernama padang mahsyar. Ditempat itu semua manusia akan dihisab,  dihitung amal perbuatannya selama didunia.

Di padang Mahsyar ini pula manusia akan mendapatkan pengadilan Allah dengan seadil-adil nya. Manusia tidak akan berbohong karena mulutnya dibungkam,  yang menjawab anggota badan yang lain. Sekecil apapun perbuatan kita didunia akan mendapatkan balasannya kelak di akhirat. Seperti yang difirman kan Allah dalam QS Al- Zalzalah ayat 7-8:

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ (1) مَلِكِ النَّاسِ (2) إِلَهِ النَّاسِ (3) مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ (4) الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ (5) مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ (6)

Katakanlah, "Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia, dari kejahatan (bisikan) setan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.


Setelah pengadilan Allah SWT. selesai maka bagi orang-orang yang beriman dan beramal sholeh mendapat tempat yang mulia dan penuh rahmat Allah SWT.  yaitu jannatin na'im. Namun sebaliknya bagi orang yang ingkar kepada Allah maka hidupnya akan penuh dengan kesengsaraan dan akan mendapatkan murka Allah yaitu neraka.

Begitu adanya alam akhirat yaitu kehidupan setelah kematian, bagi orang yanh beriman sangat mudah untuk menerima dengan akal sehat. Sebagai contoh kehidupan sehari-hari,  ketika kita tidur dan bangun tidur,  ketika kita tidur semalaman sama sekali tidak ingat apa-apa,  tidak sadarkan diri begitu kita telah bangun. Kehidupan didunia adalah kehidupan yang sangat singkat sebaliknya kehidupan diakhirat kekal selamanya.

 Nama-nama Hari Akhir.

1. Yaumul Ba'ats yaitu hari dibangkitkannya seluruh manusia yang telah mati di dunia sejak Nabi Adam as sampai hari kiamay, kemudian dikumpulkan dipadang Mahsyar untuk mendapat pengadilan Allah dan Allah akan memberikan pengadilan kepada hamba nya dengan seadil-adilnya.

2. Yaumul Makhsyar yaitu dikumpulkannya manusia dipadang Makhsyar,  manusia menunggu pengadilan Allah untuk mempertanggung jawabkan semua perbuatan yang baik dan buruk ketika hidup didunia.

3.Yaumul Hisab yaitu hari perhitungan amal,  setiap manusia akan dihitung amalnya walaupun sekecil apapun perbuatan yang dilakukan.

4. Yaumul Mizan yaitu hari penimbangan amal manusia.  Bagi orang yang beramal sholeh maka akan menerima catatan amalnya dengan tangan kanan sebagai bukti orang tersebut masuk surga, dan sebaliknya bagi orang yang mungkar maka akan menerima catatan amalnya dengan tangan kiri dan akan masuk neraka.

5. Yaumul Jaza' yaitu hari pembalasan kepada setiap manusia tanpa kecuali, bagi orang yang berbuat kebaikan maka akan dibalas dengan kenikmatan surga namun orang yang berbuat kejahatan akan dibalas dengan siksaan api neraka.

  Amanat nya kita sebagai makhluk ciptaan Allah syukuri apa yang sudah Allah berikan kepada hambanya dan perdalam ilmu agama agar kita tidak sesat dan menjadi orang yang ingkar kepada Allah.


Maaf jika ada salah kata hanya sekedar memberikan ilmu, terima kasih atas waktu nya

Penulis @Riski Agustina


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hari Kiamat atau Hari akhir dunia"

Posting Komentar