5 Tips Wisata Alam ke Pulau Komodo Agar Lancar Selalu

5 Tips Wisata Alam ke Pulau Komodo Agar Lancar Selalu

Pulau Komodo adalah salah satu destinasi wisata yang sudah tersohor di kalangan internasional. Pulau di kawasan timur Indonesia ini terkenal dengan keindahan dan nuansa alamnya yang masih asri. Kelestarian lingkungannya masih terjaga, sehingga fauna asli, seperti komodo, bisa bertahan hidup hingga kini. Pengetahuan tentang komodo bisa kamu ketahui saat berkunjung ke sana. Inilah tips wisata alam Pulau Komodo agar lancar selalu. 

1. Pendampingan Pemadu Wisata
Setiap tempat wisata pasti sudah ada pemandunya. Sebagai pengunjung, tentunya kamu memerlukan pemandu wisata untuk mengarahkan perjalanan wisata di Pulau Komodo. Segenap aturan yang ditetapkan di tempat wisata juga bisa diketahui melalui pemandu wisata. Pendampingan dari tour guide ini juga berguna untuk menjaga keamanan saat kamu berada di kawasan pulau, termasuk keamanan dari komodo.

2. Jangan Bergerak Tiba-Tiba
Bergerak tiba-tiba, misalnya loncat atau menghindar secara mendadak saat melihat komodo, akan menyebabkan hewan ini terkejut lalu menyerang secara tiba-tiba. Jika sedang menyaksikan komodo atau berada di sekitar hewan ini, usahakan jangan bergerak secara tiba-tiba. Hal tersebut harus dilakukan demi keamanan dan keselamatan diri.

3. Jangan Berteriak Tiba-Tiba
Penglihatan komodo memang tergolong buruk, namun indera penciuman serta pendengarannya sangat baik. Dengan demikian, janganlah berteriak ketika kamu berada di dekatnya, sekalipun komodo sedang diam atau bermalas-malasan. Kepekaan komodo terhadap suara, dapat menyebabkan hewan ini terkejut dan merasa terganggu. Apabila demikian, hewan ini akan mulai menyerang dan mengejar.

4. Berlarilah Zig-Zag Jika Dikejar Komodo
Komodo adalah pelari yang hebat. Sayangnya, komodo hanya mampu berlari lurus. Inilah letak kelemahan komodo yang harus kamu tahu. Mengerti akan kelemahan komodo adalah senjata bagimu untuk melindungi diri apabila komodo tiba-tiba mengejarmu. Berlarilah zig-zag dan si komodo akan kesusahan untuk mengejarmu. Hati-hati juga dengan air liurnya yang mengandung zat berbahaya.

5. Jangan Pakai Baju Merah
Mitos adalah hal yang bisa dipercaya dan bisa juga tidak, tergantung sudut pandang individu. Mitos memang masih dipercaya di kawasan ini, di mana komodo akan agresif dan cenderung menyerang apabila melihat warna merah. Terlepas dari benar atau tidaknya mitos tersebut, alangkah baiknya jika kamu berjaga-jaga terhadap kemungkinan yang dipercayai tersebut. Janganlah memakai baju berwarna merah.

Eksotisme Pulau Komodo dapat disaksikan ketika berkunjung ke sana. Selain berwisata alam, beragam hal seputar komodo bisa diketahui secara langsung di pulau ini. Para pemandu wisata sudah siap sedia melayani kebutuhan wisatawan, seperti memberikan informasi, memberikan panduan keamanan berwisata, serta memantau kondisi wisatawan. Kamu bisa menyaksikan langsung hewan langka ini dengan tips wisata alam di Pulau Komodo tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tips Wisata Alam ke Pulau Komodo Agar Lancar Selalu"

Posting Komentar